Tugas 14

Assalamualaikum semua teman teman
Nama saya Taufan Kriswanto Putra saya dari kelompok 45. Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai tentang nilai benar dan salah, yang ada di golongan atau masyarakat.

Hubungan etika dengan mahasiswa sangat erat kaitannya, karena dengan etika mampu mengendalikan mahasiswa-mahasiswa dapat melakukan hal-hal yang mampu merugikan banyak pihak. Contohnya, etika mampu mengendalikan siswa berdemostrasi sehingga tidak melakukan anarkis.
Di era globalisasi ini dimana telah terjadi banyak perubahan-perubahan besar, yang dilakukan oleh beberapa hal (perkembangan umum) yaitu perkembangan IPTEK, urbanisasi, dan pemulihan hidup, di mana perubahan tersebut mengarah pada kualitas, perubahan nilai dan norma, gaya hidup yang semakin meningkat hedonistis / hedoniawan, budaya glamor. Menjadi seorang siswa yang beretika mampu dalam pembangunan masyarakat, menjadi filter dari pengaruh buruk di era globalisasi, menjadi kontrol dalam melakukan aktivitasnya dan memperbaiki dan mempertahankan moral agar kelestarian moral tetap terjaga.

Setiap civitas akademika diharapkan ikut membangun sistem nilai di lingkungan kampus, baik dosen, karyawan dan mahasiswa. Antara etika dengan mahasiswa memiliki hubungan yang sangat erat. Etika sangat penting bagi diri siswa maupun orang lain, dengan peran penting siswa dapat membantu menjahit saat melakukan kegiatan seperti mahasiswa misalnya di saat mahasiswa berdemonstrasi meminta keadilan etika menjadi alat kontrol yang dapat mengangkat siswa agar tidak terlihat anarkis. Dengan etika siswa dapat berperilaku sopan dan santun terhadap siapa pun dan apa pun itu. Sebagai seorang siswa yang beretika, siswa harus dapat menentukan kebebasan dan tanggung jawab, siswa yang banyak yang menuntut sedang berdemonstrasi memaknai kebebasan dengan kebebasan yang tidak bertangung jawab.

Berkaitan dengan etika yang perlu dibangun siswa, dewasa ini sedang marak tema tentang pembangunan karakter dalam dunia pendidikan, yaitu tentang pembentukan karakter dan watak seseorang agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam tataran, etika, dan estetika baik dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya Berpakaian rapi dan sopan, Peraturan yang berlaku, Member contoh yang baik dalam berperilaku, Saling menghormati, Berperilaku dan bertutur kata yang sopan.

Ngomongin media sosial. Apa sih media sosial itu, media sosial yaitu media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya.

Media sosial mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain-lain.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang bisa memiliki media sendiri. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dan jejaring internet. Kita sebagai pengguna sosial media dengan bebas mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis dan berbagai model content lainnya. Media sosial pun mempunyai ciri nya tersendiri contoh nya: Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet, Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper, Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya, Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Terimakasih
Mentor : Anggita Muthia Rahayu dan Arsgad Nur Faizil
Kordiv : Muhammad Rizky Nugraha
Wakordif Putri Nabila Novianti
Penanggung jawab mentor : Rahma Anjani Khalid dan Wiedhy Ramadhansyah A.
#widyatama #mahasiswa #bandung #presentasi #GenerasiUtama

Print Friendly, PDF & Email