Tugas 13

Assalamualaikum semua teman teman
Nama saya Taufan Kriswanto Putra saya dari kelompok 45. Bagaimana sih menjadi seorang yang mempunyai skil public speaking yang baik. Seorang public speaking terkadang juga bisa lupa poin yang ingin dibicarakan ketika berhadapan dengan audience. Karena, berlatih sebelum hari H menjadi hal yang penting dilakukan untuk mengatasinya. Buat juga catatan kecil yang berisi poin-poin penting sebagai pengingat yang bisa Anda bawa ke atas panggung. Tidak perlu malu atau minder, dan jangan perlihatkan rasa gugup kita. Berbicara di depan umum memang butuh keberanian yang besar. Kebanyakan orang juga menjadi lebih mudah gugup sehingga konsentrasi buyar. Untuk mengatasinya, cobalah untuk berdiri pada satu posisi dan atur napas agar lebih teratur.

Menjadi seorang public speaking,kita juga harus mampu mengendalikan dan membawa diri. Atur posisi dan postur tubuh selalu tegap dan tidak banyak gerak, karena banyak gerak menandakan kegugupan seseorang. Plus, postur tubuh yang tegak menandakan kepercayaan diri seseorang yang tinggi.
Menjadi public speaking bukan hanya sekadar bicara saja, tapi juga mampu membangun interaksi antara kita sendiri sebagai pembicara dan juga audience.Membangun interaksi akan menciptakan kedekatan, dan seseorang yang dekat pastilah akan mampu menarik simpati sehingga apapun yang diucapkan pastilah didengar dan diperhatikan oleh audience. Perlakukan audience selayaknya tim, sahabat atau bahkan keluarga sendiri agar kedekatan semakin terjalin karna melakukan hal tersebut bisa membuat kita tidak gugup atau canggung saat berbicara. Terkadang,kiya terlalu menghakimi diri sendiri sehingga kepercayaan diri menjadi turun bahkan sebelum mulai berbicara di depan umum. Solusinya tanamkan dalam diri sendiri bahwa kita dicintai dan selalu ulangi setiap kali. Diri kita memang tidak sempurna, namun setidaknya kita bisa belajar untuk menjadi sempurna dengan berbicara di depan umum. Singkirkan kecemasan dan pertanyaan-pertanyaan negatif, seperti ketakutan kiya yang tak akan didengarkan hadirin atau kekhawatiran kita jika nanti lupa bicara.

Pengembangan keterampilan berbicara di depan umum perlu dilakukan untuk menunjang karir yang dimiliki oleh kita sendiri. Pengembangan kemampuan ini menjadi bekal kita semua yang mengkompilasi mereka di dunia kerja atau berkarier.

Dari dunia kerja pun saat ini juga membutuhkan pembicaraan yang membutuhkan pembicaraan, termasuk mampu berbicara di depan publik. Secara tidak langsung, kesiapan dosen dalam mengembangkan kemampuan ini bagi siswa merupakan langkah maju dunia pendidikan untuk menghasilkan kualitas SDM yang tinggi.

Dengan kata lain, mahasiswa Indonesia yang berkualitas tidak hanya dapat dilihat dari kemampuannya terhadap dunia akademik, tetapi juga kemampuan-kemampuan lain yang dimilikinya untuk menunjang masa depan. Tetapi Setiap mahasiswa memiliki kapasitasnya masing-masing, ada yang pandai, ada yang biasa saja, dan ada juga yang kurang pandai. Makanya tidak semua mahasiswa dapat menguasai ilmu public speaking dengan baik.

Kita pun bisa berlatih saat bersama teman teman atau melakukan hal lain seperti, seringnya malakukan presentasi, ikuti banyak organisasi, sering melakukan diskusi diluar jam kampus bersama teman teman, miliki impian atau cita cita dengan adanya impian dan cita-cita, kita akan tau arah kedepanya mau kemana. Misalnya, suatu hari kita ingin menjadi seorang pemimpin, maka dari sekarang kita mempersiapkan diri kita agar kedepan nya kita sudah terbiasa dengan hal seperti ini.

Mungkin itu saja sih yang saya bisa kata kan, ya banyak banyak lah belajar mengenai public speaking ini mungkin kedepan nya kita akan terbiasa dan tidak gugup saat berbicara di banyak orang.
Mentor : Anggita Muthia Rahayu dan Arsgad Nur Faizil
Kordiv : Muhammad Rizky Nugraha
Wakordif Putri Nabila Novianti
Penanggung jawab mentor : Rahma Anjani Khalid dan Wiedhy Ramadhansyah A.
#widyatama #mahasiswa #bandung #presentasi #GenerasiUtama

Print Friendly, PDF & Email